Home » » PENTINGNYA MENGAJARKAN MENULIS PADA ANAK

PENTINGNYA MENGAJARKAN MENULIS PADA ANAK

Written By DOCUMENT YARIS ( Yanda Rizal Iskandar ) on Selasa, 28 Mei 2013 | 05.21

Oleh: Rizal Iskandar, SHI

Sahabat sekaligus keponakan dari Rasulullah SAW yakni Ali Bin Abi Thalib  r. a mengatakan ,” Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” Pesan dari  sahabat Rasulullah SAW ini bermakna sangat dalam karena kemampuan menulis  ternyata sangat berperan dalam meningkatkan kecerdasan dan memiliki pengaruh yang baik bagi proses berfikir.
    Tentunya kemampuan untuk dapat menulis pada anak ini perlu adanya arahan, bimbingan serta perhatian dari orang tua dan pengajar selaku pendidik. Sebab, untuk dapat menulis ini banyak faktor yang terlebih dahulu harus dipenuhi. Jika anak berhasil menulis sesuatu setelah berhasil melewati beragam faktor tersebut berarti ia telah menangkap begitu banyak ilmu.
    Pada dasarnya belajar menulis itu berawal dari belajar membaca yang baik. Sehingga orang yang tidak mampu membaca yang baik, maka  tidak akan mampu menulis dengan baik. Aktifitas menulis disini bukan berarti keterampilan menulis indah, tetapi menuliskan atau merangkaikan kalimat-kalimat menjadi sebuah karangan.
    Hal yang mesti diketahui pula bahwa untuk dapat menulis, seseorang harus mempergunakan kedua belahan otak kanan dan kirinya. Seperti diketahui bahwa otak sebelah kiri berkaitan dengan kemampuan matematis logis, sementara otak belahan kanan berkaitan dengan penggambaran, irama dan musik atau lebih kepada daya kreatifitas.
Menulis adalah sebuah kegiatan yang melahirkan pikiran ( ide ) dan perasaan tulisan, sehingga diperlukan kemampuan untuk mengungkapkan gagasannya secara tertib dan teratur  untuk dapat melaksanakannya. Keahlian keteraturan ini adalah spesifikasi bidang sisi otak kiri. Namun, untuk menulispun dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi tinggi yang merupakan bidang kerja sisi otak kanan. OLeh karenanya, keterampilan menulis akan melatih dan mengembangkan kedua belahan otak secara bersamaan.
    Disinilah peran penting orang tua dan pengajar selaku pendidik untuk dapat mengajarkan menulis pada anak serta membantu untuk mengungkapkan ide-idenya dengan penuh kesabaran. Ada hal yang mesti diperhatikan oleh orang tua dan pendidik dalam mengajarkan menuis pada anak seperti umur atau usia anak untuk menentukan tema yang tepat, misalnya : Seorang anak yang berusia tujuh tahun tentu belum mengetahui atau memahami beberapa kata yang abstrak semisal kebenaran atau keadilan. Istilah –istilah tersebut terlalu dini untuk diketahui oleh anak seusia itu. Namun, anak mampu membuat tulisan deskripsi dengan baik tentang sebuah hari yang menyenangkan, yang ia habiskan di kebun binatang misalnya. Atau juga mampu mendeskripsikan berbagai permainan dan kegiatan yang ia lakukan. Dengan demikian, kegiatan menulis ini sangat berguna bagi seseorang untuk menyampaikan pikiran dan pendapatnya.
    Berikut ini beberapa hal yang dapat diterapkanuntuk membimbing anak mengenal dunia tulis menulis dengan menyenangkan sesuai  dengan tempat dan keadaan anak-anak di rumah ataupun di sekolah.

1. Berkirim Surat
    Doronglah anak untuk memilih teman atau saudara yang tinggal  ditempat jauh untuk saling berkirim surat.  Menulis surat relative lebih mudah karena tidak dituntut untuk memperhatikan aturan tata bahasa sertaus persen. Anak bisa menulisdalam bentuk dialog seakan-akan dia sedang berbicara langsung dengan seseorang.

2. Buku Harian
    Biasakan anak-anak untuk mencatat peristiwa-peristiwa yang berkesan ata u istimewa dalam hidupnya dengan menuangkan kenangan-kenangan indah di atas kertas atau diary.
3. Banyak-banyaklah Membaca
    Orang tua hendaklah mengumpulkan banyak referensi buku sebanyak-banyaknya, terutama untuk konsumsi anak-anak karena ada hubungan yang erat antara kebiasaan membaca dengan kegemaran menulis. Umumnya orang yang suka membaca lebih mudah dimotivasi agar terbiasa menulis.
4. Kumpulan puisi atau cerpen
    Apabila keinginan menulis sudah mulai tumbuh, orang tua harus terus mendorong dan memotivasi mereka untuk menulis sebanyak-banyaknya yang mereka sukai dalam bentuk apapun seperti menulis puisi, cerpen atau surat.
    Inilah bagian dari upaya kita agar anak mampu menulis sesuatu. Biarkan mereka mengembangkan kreatifitasnya masing-masing, maka anakpun akan berkembang dengan sendirinya dan hal ini akan berguna untuk masa depannya.

Wallaahu `alam bishshawab.

)* sumber diambil dari buku cara mengajarkan membaca pada anak usia dini

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Documentyaris@home - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger